Hosting Unlimited Indonesia

Sunday, March 11, 2018

7 STRATEGI PENJUALAN MILYARAN


1. Perbesar Ukuran Tempatnya

Strategi ini cocok digunakan khususnya untuk Anda yang menggunakan model penjualan berupa Outlet. Contoh, Restoran atau Kafe. Mana mungkin Anda bisa  tembus omzet milyaran jika hanya mengandalkan tempat dengan ukuran yang kecil? Tujuan memperbesar ukuran tempat adalah  untuk memperbanyak jumlah pengunjung atau konsumen yang membeli produk Anda. Jika tempat Anda kecil, maka omzet yang Anda dapatkan pun akan kecil. Misalnya, setiap harinya restoran atau kafe Anda dikunjungi oleh 100 pengunjung dengan rata-­‐rata pembelian adalah Rp 100.000. Sehari Anda mendapatkan Rp 10 juta, sebulan omzet bisnis Anda mencapai Rp 300 juta. Bayangkan… jika Anda memperbesar ukuran tempat Anda sehingga pengunjung yang datang bisa lebih banyak, misalkan 400 pengunjung per hari. Jika rata- ‐rata pembeliannya adalah  Rp 100.000, maka dalam sehari Anda akan mendapatkan Rp 40 juta. Artinya, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan omzet sebesar Rp 1,2 Milyar. Asyik, kan?

2. Perbanyak Outletnya

Strategi ini tentu hanya berlaku bagi Anda yang berjualan  dengan model Outlet. Contoh, jualan Kebab atau Jus. Kalau Anda hanya memiliki satu outlet saja, mustahil sekali Anda mendapatkan omzet milyaran per bulan. Coba Anda perbanyak outletnya dimana-­‐mana. Kalau Anda hanya menjual satu gerobak (outlet) saja, omzet milyaran paling hanya sekedar jadi khayalan. Anda harus menjual kekayaan intelektual Anda, baik dalam bentuk waralaba (franchise) atau buka cabang sendiri. Sekali lagi, Anda harus mengalikan atau memperbanyak outlet Anda. Misalnya, omzet di satu outlet seharinya adalah Rp 1 juta. Dalam sebulan omzet outlet tersebut mencapai Rp 30 juta. Seandainya Anda memiliki 40 outlet, maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan omzet Rp 1,2 Milyar.

3. Perbanyak Kapasitas Produksinya

Strategi ini cocok Anda gunakan khususnya jika Anda sangat ketergantungan pada bagian produksi. Contoh, Konveksi. Kalau selama ini Anda hanya bisa memproduksi 3000 kaos dengan nilai jual Rp 100.000 per kaos, artinya dalam sebulan Anda bisa mendapatkan Rp 300 juta. Ketika Anda mampu memperbanyak kapasitas produksinya dan menerima klien-­‐klien atau pelanggan-pelanggan baru,  misalnya menjadi 10.000 kaos  per bulan, maka omzet bisnis Anda bisa mencapai Rp 1 Milyar rupiah per bulan. Asyik, kan?

4. Perbesar Rata-Rata Penjualannya

Strategi ini cocok Anda gunakan khususnya jika Anda menjual produk dengan harga yang cukup mahal. Contoh, jualan Laptop. Jika dalam sehari Anda biasa menjual laptop jenis A yang harganya Rp 5.000.000 per unit, maka usahakan kedepannya Anda memperbanyak jualan laptop jenis B yang harganya Rp  12.000.000. Misalnya, jika dalam sehari Anda berhasil menjual 10 unit saja, artinya Anda sudah mendapatkan omzet Rp 120.000.000 per hari. Dalam sebulan, Anda akan mendapatkan Rp 3,6 Milyar. Gurih, kan?

5. Perbanyak Website dan Akun Sosial Medianya

Strategi ini bisa Anda gunakan khususnya jika Anda menjual produk dengan model penjualan online. Usahakan website Anda jangan hanya buat satu. Buat website yang banyak, mulai dari kepentingan branding, personal branding, atau yang berdasarkan riset SEO. Tak hanya di website, Anda pun harus aktif di berbagai social media, seperti twirer, facebook, instagram, path, dan lain-lain. Sama seperti website, jangan hanya buat satu akun di setap sosmed. Buat dalam jumlah yang banyak. Lalu isi dengan konten-­‐konten yang menarik dan bermanfaat.

6. Perbanyak Revenue Streamnya

Revenue streams adalah sumber-sumber pendapatan perusahaan. Perusahaan membutuhkan revenue streams supaya tetap hidup. Revenue streams bisa berasal dari layanan yang bersifat sekali bayar atau one fee project, atau berasal dari pendapatan yang terus berulang. Membuat revenue stream yang terus-menerus menuntut kita membuat bisnis model yang baik. Kita harus mencari model bisnis yang memiliki pemasukan terus-menerus dimana pelanggan-­‐pelanggan kita berlangganan. Jangan sampai revenue streamsnya hanya berasal dari penjualan produk saja. Kita bisa mendapatkan uang dari yang lainnnya. Misalnya, fee join member, jual hak intelektual, jual resep, iuran anggota, fee pendazaran, royalti, lisensi, iklan, franchise, sewa barang, dan lain-lain. Intinya, jangan sampai bisnis Anda hanya mengandalkan satu revenue streams saja. Coba pikirkan yang lainnya!

7. Kombinasikan Semuanya

Jika Anda mampu mengkombinasikan semua strategi, maka omzet milyaran bukan sesuatu yang mustahil untuk Anda wujudkan.
Praktekkan strategi ini secara perlahan. Kombinasikan semuanya. Pastikan strategi yang sudah Anda buat benar-benar dipraktekkan, bukan hanya ditulis doang! Buang-buang waktu…

Salam sukses berjamaah
Info bisnis :
WA 087823179067
www.serbaserbisnis.com

0 komentar