Hosting Unlimited Indonesia

Tuesday, July 10, 2018

MASALAH


Anda punya masalah?
Sebesar apa?
Seberat apa?

Masalah selalu ada. Mana mungkin tiada? Yang penting ialah sikap kita dan cara kita terhadap masalah. Baik dalam kerja maupun dalam bisnis

Sering kali masalah bertambah hanya karena sikap kita dan cara kita yang salah. Misal, kita menganggap itu karena kesalahan orang lain. Jujur saya pun pernah begitu. 

Terkait masalah, saya sangat menyarankan teman-teman untuk MEMBACA KE DALAM. Maksudnya, introspeksi. Bukan menyalah-nyalahkan pihak lain.

Tak mungkin masalah terjadi begitu saja. Jangan-jangan kita penyebabnya. Sedikit-banyak, pasti ada peran kita. Right? Sekali lagi, introspeksi.

Kedua, maknai masalah sebagai tantangan atau ujian untuk naik kelas. Bukan beban.

Salah makna, salah respons. Kalau respons-nya salah, hasilnya juga pasti salah. Hati-hati.

Ketiga, utamakan curhat ke Allah ketimbang manusia. Bukankah Allah itu sangat dekat dengan kita? Bukankah Allah itu sangat kuat dan mampu melindungi kita? 

Terus, kenapa kita masih bingung berlebihan saat ada masalah dan memikirkan siang-malam solusinya. Coba renungkan ini sejenak.

Boleh-boleh saja kita curhat dengan orang yang kita percaya. Boleh. Nggak dilarang. Tapi jangan sampai kita menomorduakan bahkan mengabaikan Allah. 

Sebaliknya, jadikan Allah sebagai sandaran pertama dan utama. Bukan yang lain. Dengan melibatkan Allah, niscaya hati akan terasa lebih tentram.

Silakan dicoba ya. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses Berjamaah

0 komentar