Hosting Unlimited Indonesia

Thursday, April 05, 2018

TRAFFIC MINDSET MEMAHAMI HAL YANG LEBIH PENTING SEBELUM PROMOSI/JUALAN


Bismillah,

Whats App Marketing adalah *sebuah proses, menggiring orang yang sebelumnya tidak kenal produk kita, sampai akhirnya jadi pelanggan setia*

Gunakan WA untuk mengedukasi, mengarahkan, menawarkan, mempengaruhi, dan menggiring orang yang awalnya hanya simpan kontak Anda, menjadi orang yang pertama antri saat Anda mengeluarkan produk. . 

Enak atau enak banget? 😊 

Mau tau caranya? 

Ya nanti kita akan belajar sama-sama. 

Yang penting Anda betah belajar saja. . Hehe

Dimateri pertama ini, kita mungkin tidak akan belajar teknis dulu, karena kami ingin Anda punya mindset yang benar tentang WA Marketing. .

Jadi, *KENAPA WHATS APP?*

Pahami bersama bahwa bisnis butuh pembeli. . 

Pembeli *BAWA UANG*
Ketika mereka melakukan transaksi, bisnis bergerak. . 
Uang masuk, aliran kas di bisnis lancar. . 

Kalau gak ada pembeli, bisnis lesu. 
Yang punya bisnis juga lesu, hehe
Iya gak? 


Masalahnya. . Pembeli *TIDAK DATANG TIBA-TIBA*

Pembeli tidak turun dari langit. . 
Mereka bukan jin yang tiba-tiba muncul. . Cring 😅 

Sebelum jadi pembeli, mereka adalah *Calon pembeli*

Jualan itu penting. . 
*Tapi calon pembeli juga tidak kalah penting. .*

Banyak orang ingin main cepat. 
Mereka ingin langsung dapat pembeli. . 

Lho lho. . Ini bisnis atau cinta satu malam?
Pakai cepat-cepat, hehe.
Perlu proses atuh. . Tidak bisa instan. .

Sebelum mendapatkan Mitra/pembeli. 
*Kumpulin dulu calon mitra/pembelinya*

Renungkan deh. . 
Kalau gak ada orang yang mau dijualin, mau jualan ke siapa?? Hehe. . 

Kami tulis besar-besar ya, supaya merasuk di kalbu. 

*DALAM JUALAN, YANG PERTAMA KALI DILAKUKAN ADALAH KUMPULKAN DULU CALON PEMBELINYA*

Bisa di pahami? 😊 

Dalam bisnis Online, calon pembeli disebut dengan *TRAFFIC*

Pada dasarnya traffic terbagi 3 jenis. . 


Pertama
Ada Traffic milik kita, tapi *tidak bisa dikendalikan*

Maksudnya, itu adalah calon pembeli kita, tapi kita tidak bisa memastikan pesan promosi kita sampai ke mereka. 

Contohnya adalah Sosmed. . Seperti Fb, IG, dan sejenisnya

Saat kita posting disana. 
Seluruh follower kita belum tentu lihat postingan kita. 

Kalau mereka tidak terima info promo kita, gimana mereka bisa beli? Hehe

Itulah kenapa, main Facebook yang interaksi orangnya itu-itu aja padahal temannya ribuan. 
Main IG, yang like itu-itu aja padahal followernya ratusan. 

Mungkin followernya sudah tertarget, sayangnya mereka tidak dapat informasi tentang jualan kita. 
Eh, yang dapat malah gak tertarik. . Apes dah 😅

Kedua,
Traffic bukan milik kita, *tapi bisa kita kendalikan*

Pada dasarnya kita tidak benar-benar memiliki calon pembelinya, hanya saja kita bisa pastikan mereka dapat pesan kita. 

Contohnya adalah iklan seperti fb ads

Kelemahannya traffic ini adalah, traffic ini pay to play.
Alias mengharuskan Anda untuk bayar. . 

Agar target pasar melihat info promo kita, maka kita harus keluar sejumlah uang.

Dimana. . . Semakin besar uang yang kita keluarkan, semakin luas jangkauan iklan kita. .

Berita buruknya. . 
Kalau gak ada uang, ya gak bisa ngiklan. . 😅 

Oh ya, keluar uang pun belum tentu dapat hasil sesuai yang diharapkan lho. . Hehe
Perlu ilmu dan melakukan pengujian. .

Terakhir. . 
*Traffic yang kita miliki, dan bisa kita kendalikan*

Jadi kapanpun kita mau promosi, kita bisa promosi tanpa keluar biaya sedikitpun. 
Enaknya. . Pesan kita pasti sampai ke mereka. . 

Nah, apa contoh traffic ini?

Itu adalah database yang kita miliki. . 

Ada 3 database. 
No Hp, Alamat Email, dan Pixel. . 


Terus apa hubungannya Traffic dengan WA?

Ternyata mereka punya hubungan dekat. . 

Aktivasi WA dengan nomor Hp. . Iya toh?

Artinya. . . *No WA adalah salah satu Traffic yang Anda miliki dan bisa Anda kendalikan*. . 

Jadi *KAPANPUN* Anda butuh calon pembeli ke bisnis Anda, maka Anda bisa langsung menghubungi mereka dengan pesan WA. . 

Nangkap maksudnya?

Kan enak tuh. . 
Mau promo tinggal kirim pesan. . Dan pesannya juga pasti sampai. . 

Tinggal beli atau nggak, itu terserah Yang Maha Kuasa saja, 😀😀😀

Selalu ingat prinsip ini

*NO TRAFFIC, NO SALES, NO INCOME*

Gak ada Calon mitra/pembelinya, gak ada closing/penjualannya, gak ada uang/komisi yang masuk. .

Kebanyakan orang bingung saat jualan Online. . 

Mereka mengeluh hasil jualannya segitu-segitu saja. . 
Mereka mengeluh susahnya menaikan penghasilan. . 

Padahal rahasianya *sederhana*. 

Catat ya. .

Kalau mau punya penghasilan yang banyak. . *Datangkan calon pembeli sebanyak-banyaknya* dan ubah mereka jadi pembeli. 

Jika Anda memiliki kontak WA calon pembeli Anda, Anda bisa menghubungi mereka kapanpun. 
Pesan Anda pasti sampai ke mereka. 

Dengan cara promosi yang benar, maka kemungkinan besar mereka akan membeli. . 
Karena hanya orang yang menyimak promonya yang akan membeli. . 


Inilah alasan pertama kenapa harus pakai WA. . 

*WA akan membantu promosi Anda*
Kapanpun Anda mau iklan, kapanpun Anda butuh uang. 
Anda tinggal kirim pesan ke Calon pembeli yang Anda simpan kontaknya. . 


Masuk ke alasan kedua. . 

Tahukah Anda. . . 
Dalam bisnis online rata-rata orang *tidak langsung membeli*

Menurut wordstream.com, conversion ratenya bisnis Online hanya 2% 

Artinya. . . jika ada 100 orang yang menyimak promo Anda. 
Maka hanya 2 orang yang akan beli. . 

98 nya kemana? 

Cuma nyimak doang, ogah beli, hehe. 
Ini bukan kata kami ya. . Ini hasil survey. . 

Terus apa yang sebaiknya dilakukan?

Itulah pentingnya pakai WA. . 

Simpan nomor Target pasar Anda. . 

Pada dasarnya orang tidak membeli karena mereka belum paham manfaat produk yang sedang kita tawarkan. . 
Dengan WA, Anda bisa mengedukasi manfaat produk Anda. 

Dan akhirnya, presentase closingnya meningkat. 

Yang awalnya hanya 2 dari 100 orang. 
Bisa naik sampai 10 bahkan 30 orang. 

Kan enak tuh. . 

Kebayang manfaatnya? 😊 


Belum selesai. .  

Sesungguhnya, saat bisnis mendatangkan pembeli, ada yang disebut dengan *biaya akusisi* (Aqusition Cost)

_waduh, apa itu?_

Tenang, kita belajar pelan-pelan. . 

Biaya akusisi adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan pembeli ke bisnis kita. . 

*Dapat pembeli itu gak Gratis. .*

Anda harus membayar sejumlah Uang, untuk dapat pembeli. . 

Selain uang. . Anda juga mendatangkan pembeli dengan mengorbankan waktu. . 

Tinggal pilih yang Anda sukai. . Mau berkorban uang, atau berkorban waktu. . 
Tapi intinya dapat pembeli gak gratis. . Biaya akusisi gak bisa di hindari. . 

Karena itu, jangan sia-siakan pembeli lama Anda. 

Mungkin di awal untuk datangkan mereka Anda berkorban biaya akusisi. . Tapi mereka yang sudah datang, Anda simpan nomor WAnya. . 

Jika Anda memiliki no WA pembeli Anda, kedepannya Anda bisa membuat mereka kembali membeli. . 
Saat mereka datang, Anda tidak perlu keluar uang dan waktu karena sebelumnya Anda telah simpan kontak WAnya. . 
Itu artinya. . . *Biaya akusisinya jadi nol*. 

Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya, karena mereka sudah ada di genggaman tangan Anda. 


*Inilah sebuah Rahasia. .*

Kenapa pemain bisnis Online besar mengejar sesuatu yang dinamakan database. . 

Seperti no Hp, Email, dan pixel Facebook. . 

Tidak ada media promosi yang abadi. . 
Setiap media promosi ada pasang surutnya. . 

Jika Anda promosi di facebook. . Hati-hati.
Jika ada beberapa orang yang mereport akun Anda, akun Anda akan ditutup. Bagaimana dengan pelanggan Anda di sana?

Ketika sudah ditutup, terkadang Facebook tidak mau tau. . 
Protespun percuma. . 

Di Instagram sama juga. . 

Media promosi berubah fitur, membuat pemainnya bisa berganti halauan. . 

Promosi di sosmed tidak salah, kami pun melakukan itu.
Hanya saja, jangan sepenuhnya bergantung disana. . 

Selain promo dimana-mana, *kumpulkan database Target pasar Anda*. . 

Jika Anda punya database, Anda akan aman. . 

Sebagai media promosi, WA adalah salah satu yang Powerfull. . 

Menurut _comScore_ bulan Maret 2017, pengguna WA di Indonesia telah mencapai 35,8 Juta jiwa.

Menurut _Badan Survey Jana_, 58% pengguna smartphone punya WA didalamnya.

Beberapa media juga memberitakan bahwa di Indonesia, WA lebih populer dibanding LINE, BBM, dan Telegram.

Dari data ini, besar kemungkinan target pasar Anda juga pengguna WA.

Lagipula WA cocok untuk semua bisnis. . 
Bisnis networking bisa (dalam hal ini PayTren), Property bisa, Fashion bisa, Kuliner bisa, bisnis Edukasi juga bisa.


Jadi. . . kalau target pasar Anda pengguna WA, dan Anda tidak tahu cara promo di WA, bahkan tidak menggunakan WA untuk promosi Itu adalah *SEBUAH KESALAHAN FATAL*


Karenanya. . 
Mulai dari sekarang. . Gunakanlah WA sebagai salah satu media promosi Anda.  

Kalau sudah Alhamdulillah. . 
Kalau belum, jangan ditunda. .

Nah bagaimana agar anda bisa mendapatkan database WA seperti yang disebutkan diatas
ada 2 cara :

1.  anda promosi di facebook dengan menyematkan no WA anda,jika ada yang tertarik maka mereka akan  menghubungi anda

kelebihan :
- mudah,karena semua orang bisa melakukannya

kekurangannya : 
- anda harus membangun personal brand yg bagus    dahulu
- anda berada pada posisi menunggu bola,promosi lalu menunggu orang chat ke WA anda
- prosesnya lama,dan rata2 menyerah jika dalam 7 hari belum ada respon


2. Anda mencari database WA melalui fanpage ataupun Group FB yang sejenis

Kekurangan : 
- Mahal , karena perlu alat khusus untuk masuk ke system FB secara legal (ini aman,karena di perbolehkan oleh Fb) 

Kelebihan : 
- Anda bisa mendapatkan ratusan sampai ribuan database dalam waktu kurang dari 4 hari
- database tersebut asli karena di peroleh langsung dari pihak Facebook sendiri
- tertarget, data yang didapat bisa di filter secara spesifik shg bisa mendapatkan calon mitra/ pembeli yang potensi closingnya lebih besar

Semoga bermanfaat 

Salam Sukses Berjamaah

0 komentar